Jumat, 14 Oktober 2011


TUGAS SIMP “TOPIK = PENGGUNAAN TIK DI SEKOLAH”
                                SISTEM PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SMK PERBANKAN RIAU
PENDATAAN BUKU
Software yang digunakan  acces, mengapa acces karena acces bersifat user friendly. Data base buku disimpan di acces. Dan adapun data-data yang dibutuhkan untuk pendataan buku adalah Judul buku, Pengarang Buku, Nama penerbit, tahun terbit dan Kode buku yang sudah dibuat secara manual serta banyaknya jumlah buku. Nomor buku dikelompokkan berdasarkan pengelompokkan bidang study nya yaitu buku mata pelajaran produktif, adaptif dan normatif. Kegunaan dari pengarsipan buku perpustakaan ini untuk mengelola buku secara tepat dan peredaran buku terawasi.
Dengan demikian data buku-buku yang ada tercatat dan trsimpan dalam file yang sudah disediakan, ini untuk memudahkan ketika akan mengecek ketersediaan buku dengan yang tercatat. Dan dalam kegiatan peminjaman juga lebih mudah karena hanya dangan cara menginput data siswa dan kode buku yang dipinjamnya, serta menginput lama waktu peminjaman untuk menentukan batas buku harus dikembalikan. Juga bermanfaat menentukan denda.
SISTEM PEMINJAMAN BUKU
 Buku dapat dipinjam oleh siswa, guru dan karyawan SMK Perbankan Riau. Adapun syarat nya adalah terdaftar sebagai anggota perpustakaan yang dibuktikan dengan memiliki kartu perpustakaan. Jika ingin menjadi anggota perpustakaan harus mengisi formulir pengajuan kartu perpustakan. Dalam formulir tersebut data yang harus diisi adalah nama, kelas, jenis kelamin, alamat, NIS, dan menyertakan dokumen lain seperti foto 3x4 sebanyak 2 lembar.
Proses meminjam buku sebagai berikut :
1.       Anggota perpustakaan datang keperpustakaan
2.       Mencari buku yang akan dipinjam
3.       Membawa buku yang akan dipinjam ke petugas perpustakaan ( Pengelola)
4.       Menyerahkan kartu perpustakaan
5.       Berapa lama buku akan dipinjam
6.       Dan menerima kembali kartu perpustakaan dan buku yang dipinjamnya.
INFORMASI YANG DIPEROLEH
Dengan adanya pengelolaan perpustakaan maka buku-buku yang ada dapat dikelola dengan baik dan peredaran buku dapat terawasi oleh pengelola perpustakaan. Kemudian jika ada yang hilang, rusak dsb dapat ditelusuri siapa yang meminjam yang mengakibatkan rusak dan yang tidak dikembalikan. Dengan begitu penanganan bisa lebih tepat. Kemudian untuk menentukan denda jika ada anggotayang terlambat mengembalikan.
FUNGSI MANAJEMEN
Informasi pengelolaan perpustakaan tersebut bagi Top management berguna untuk mengetahui laporan penggunaan dan pengelolaan yang dilakukan oleh midle dan low management. Sedangkan untuk middle management, berguna untuk pertanggungjawaban pengawasan terhadap inventaris yang ada kepada top manajement. Kemudian bagi low management berguna untuk kemudahan dalam  mendapatkan informasi terhadap buku yang dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar